Senin, 14 Mei 2018

Hakikat Angka Nol “0”


Nol sering disebut “kosong”, setidaknya itu menurut pendapat sebagian, pun banyak orang. Banyak yang mengartikan bahwa Nol tidak memiliki nilai apapun. Jika ditanya berapa nomor telepon kamu? Jawabnya, 021 (kosong dua satu). Mungkin jawaban ini benar, namun bisa juga berarti sebaliknya. Lalu, sejatinya Nol itu apa?

Mengenal Angka Nol
Angka Nol memiliki nilai. Tidak mungkin ada uang seribu rupiah jika tidak ada 3 angka Nol yang menyertai angka 1. Jika Nol diartikan kosong, maka uang seribu tersebut hanya bernilai 1 rupiah saja. Dengan nilai itu, kita tidak bisa membeli permen atau coklat di toko sebelah. Akhirnya lembaran uang itu hanya menjadi lembar kertas biasa yang tiada memiliki guna.

Saya berterima kasih atas keberadaan angka Nol. Dengannya, saya menjadi lebih mudah dalam menulis. Jika dahulu, orang tua kita menulis di atas lembar kertas dengan seutas pena, kini kita bisa menulis dengan keyboard laptop. Hal ini karena angka Nol yang membentuk bilangan-bilangan biner.

Tak hanya laptop. Kita cukup instan dalam menggunakan internet. Cukup beli paket data internet atau numpang koneksi wifi teman. Namun, jika kita tahu, sesungguhnya internet bagaikan angka Nol yang bertaburan dimana-mana. Menghubungkan kita dengan orang lain melalui lintasan jaringan yang kasat mata.

Saya ingin mengajak anda untuk berkenalan lebih jauh dengan angka Nol. Namun, sebelum itu, kita harus membuat kesepakatan terlebih dahulu. Kesepakatannya adalah kita sama-sama setuju bahwa angka Nol yang dimaksud di buku ini memiliki nilai, bukan kosong. Karena dalam hidup ini, Semua Dimulai Dari Nol.

Baik, jika kita sudah sama-sama setuju. Mari berkenalan dengan angka Nol lebih jauh!! Jangan bingung, ikuti saja alurnya hingga akhir!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar